Melalui DD, Kedungoleng Anggarkan Layanan Dasar dan Adminduk

Musrenbangdes Kedungoleng Kecamatan Paguyangan


Kedungoleng (suarapaguyangan.com) - Untuk anggaran tahun 2018, Desa Kedungoleng menganggarkan Dana Desa (DD) untuk Kesehatan, Pendidikan dan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi warga masyarakat Desa Kedungoleng.

Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Kedungoleng Salim Usman, pada rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Jum'at (6/10) kemarin di aula balai Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Salim berpesan kepada tim 11, untuk menganggarkan DD tahun 2018 bukan hanya untuk pembangunan fisik saja, tapi pembangunan non fisik pun sekarang harus diperhatikan juga. Sudah saatnya Kedungoleng berubah, agar nantinya semua kalangan masyarakat merasakan hasil dari perubahan tersebut.

" Untuk anak-anak Desa Kedungoleng yang putus sekolah, data dari Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) akan di verifikasi ulang, kemudian anak yang mau kembali melanjutkan sekolah akan diberikan fasilitas transport dan juga alat tulis, sedangkan untuk para disabilitas yang masih produktif, mereka akan diberikan bantuan berupa modal usaha agar mereka mampu untuk menjalankan usaha sendiri," lanjut Salim.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Desa Kedugoleng Seger, bahwa anggaran tahun 2018 nanti sudah teranggarkan untuk layanan dasar, tidak hanya pendidikan termasuk juga kesehatan, diantaranya untuk penambahan pos posyandu, penambahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan transport bagi para kader.

" Dibidang kesehatan kami anggarkan untuk penambahan pos Posyandu, PMT dan transport kader serta untuk Adminduk akan diadakan sosialisasi minimal 3 bulan sekali, dimana sosialisasi tersebut guna melakukan pendataan bagi masyarakat terutama masyarakat miskin untuk bisa memiliki akte kelahiran ataupun surat-surat lain yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Seger.

Rapat Musrenbangdes yang dihadiri oleh Sekcam, Kades, Sekdes, Ketua BPD, Ketua LPMD, Tim dari formasi KOMPAK, Tim 11, IMK serta wakil perempuan dan disabilitas ini sepakat untuk kegiatan non fisik yang berupa layanan dasar dan adminduk menjadi prioritas tahun 2018.

Salah satu peserta rapat dari perwakilan perempuan dan disabilitas Nurkhasanah (40) mengatakan, saya merasa puas ketika suara saya didengar dan direalisasikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 dari anggaran DD.

" Saya mewakili suara perempuan miskin dan disabilitas, nengucapkan banyak terima kasih, khususnya kepada Kepala Desa Kedungoleng, Sekretaris Desa Kedungoleng, juga kepada tim 11, yang telah menganggarkan Dana Desa di tahun 2018 nanti dianggarkan utk kegiatan ekonomi produktif bagi keluarga miskin, perempuan miskin, dan disabilitas," ujarnya.

Masih menurut Nurkhasanah, semoga saja dana yang dialokasikan nanti benar-benar dilaksanakan setelah di Perdeskan.

" Harapan kami, mudah-mudahan anggaran Dana Desa tersebut benar-benar ada dan dilaksanakan, sehingga akan sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan. Dengan demikian Kedungoleng akan mendapat perubahan yang lebih baik, dimana pembangunan akan berjalan seimbang, baik fisik maupun non fisik," tandasnya. (NK)

Related Posts:

0 Response to "Melalui DD, Kedungoleng Anggarkan Layanan Dasar dan Adminduk"

Posting Komentar